Bisnis Online yang bisa kamu coba!

Di era digital seperti sekarang ini, untuk memulai bisnis tidaklah harus bermodal besar. Bahkan beberapa orang hanya bermodalkan gadget sederhana untuk melakukan bisnisnya. Cukup ketik, foto dan posting, bisnis sudah bisa berjalan. Terus bisnis online apa saja sih yang bisa kita lakukan? Yuk, kita bahas satu persatu!

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing

Bisnis Online

Bisnis affiliate marketing dalam dunia online adalah salah satu bisnis online yang cukup menggiurkan dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Komisi yang ditawarkan bahkan bisa lebih dari 50% dari bisnis ini. Apa sih affiliate marketing? Secara sederhananya dalam bahasa kita affiliate marketing bisa diibaratkan menjadi ‘calo’ dari sebuah produk atau perusahaan tertentu. Tugas kita sebagai affiliate marketer adalah membuat bagaimana orang tertarik dan mau untuk membeli produk atau jasa dari produk yang kita tawarkan. Untuk memulai bisnis ini modal utama kita adalah kemampuan untuk menarik perhatian orang dan tentunya produk yang kita jual juga harus bagus dan memang bermanfaat bagi pembeli.  Komisi yang ditawarkan dari bisnis ini cukup tinggi, tapi harus diingat juga bahwa bisnis juga mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi bagi para pemula.

2. Ad publisher

Google Adsense

Punya blog yang bagus? Traffic dan tingkat engagementnya tinggi? Nah, jadi ad publisher bisa menjadi sebuah pilihan bisnis online yang tepat buat kamu. Salah satu product Ad Publisher yang cukup populer adalah Google Adsense. Sudah ribuan bahkan jutaan orang menjadi ad publisher dengan penghasilan yang cukup menggiurkan, tapi salah satu kekurangan dari produk ini bila traffic ke situs kita kecil, maka sudah dipastikan pendapatan kita pun akan kecil. Selain Google adsense sebenarnya sudah banyak produk lain yang bisa digunakan, coba cari saja siapa tahu ada yang cocok dengan pilihan kamu.

3. Online shop

Online Shop

Dilihat update kita, sis! Koleksi tebarunya, sis! Kok barang saya engga nyampe-nyampe sis?!! Yak! Online shop sudah menjamur dimana-mana dan masih saja tetap menggiurkan untuk kita coba. Bila kita belum bisa untuk membuat online shop model startup atau situs sendiri dengan modal berjuta-juta rupiah, kita bisa membuat online shop sederhana dengan bantuan social media dan forum online untuk membantu bisnis kita berkembang. Atau juga pakai sistem droship dan reseller. Pokoknya buat bisnis online yang satu ini pasti banyak banget triknya

4. Freelance

Freelance Sites

Punya skill desain yang ciamik? Punya konsep marketing online yang menarik? Atau kamu jago coding dengan berbagai macam trik buat web dan aplikasi? Nah, jadi freelancer bisa menjadi pilihan yang menarik buat kamu! Kerja di rumah, bangun bisa siang, dibayarnya pake dolar, men! Tapi syaratnya satu : harus taat deadline! Situs freelancer.com atau upwork.com adalah salah satu marketplace buat freelancer dan pemberi kerja bisa bertemu. Biasanya kerjaannya dibuat dalam sistem lelang, tapi ingat kita juga harus berhati-hati dalam memilih kerjaan karena tidak sedikit para pemberi kerja yang hit and run atau lalai membayar kewajibannnya. Ada baiknya sebelum bid kita tanya-tanya dulu ke forum freelancer sebagai mitigasi buat resiko kerjaan kita nantinya.

Nah, itulah beberapa bisnis online dengan penghasilan nyata yang bisa bikin kita kaya! Tapi ingat, tidak ada jalan pintas untuk menuju kesuksesan, mesti tetap tekun dan berusaha terus menerus sebelum kita bisa sukses dalam usaha online kita.  Semua bisnis online tadi bisa kita manfaatkan sebagai sampingan saja dulu bila memang belum menjanjikan. Selamat mencoba!

Comments

comments