Review Film Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Jim Carrey adalah seorang aktor yang dikenal karena peran-peran komedi slapstick dan impresi wajahnya seperti di film Ace Ventura : Pet Detective, Ace Ventura : When Nature Calls dan The Mask di era tahun 90-an. Lalu bagaimana kalau dia bermain di sebuah film yang jauh dari genre komedi? Film Eternal Sunshine of the Spotless Mind adalah sebuah contoh dimana kita bisa melihat Jim Carrey bisa menjadi seorang aktor, bukan hanya sebagai komedian. Di film ini dia  berperan sebagai Joel Barish yang sedang berusaha melupakan hubungannya dengan Clementine Kruczynski, yang diperankan oleh Kate Winslet.

Film Eternal Sunshine of the Spotless Mind yang dirilis pada tahun 2004 ini bercerita tentang Joel yang patah hati dengan sikap Clementine yang benar-benar tidak mengingat dirinya setelah mereka putus setelah sebuah pertengkaran padahal mereka sudah bersama selama dua tahun. Kemudian dia berusaha mencari penyebab mengapa bisa dengan semudah itu dia dilupakan. Setelah putus asa mencari tahu penyebab mengapa dia dilupakan dengan sangat mudah oleh Clementine, Joel akhirnya menemukan sebuah perusahaan Lacuna, Inc. yang diberi tahu oleh temannya. Perusahaan tersebut memiliki teknologi yang mampu untuk menghapus ingatan seseorang dan Joel akhirnya mengetahui bahwa Clementine sudah menggunakan jasa perusahaan ini untuk bisa menghilangkan ingatan tentang hubungan mereka.

Joel memutuskan untuk menjalani hal yang serupa dengan Clementine agar dia bisa melupakannya. Adegan-adegan selanjutnya banyak berlangsung di dalam kepala Joel saat ingatannya tentang Clementine dihapus satu per satu. Saat sedang dalam proses penghaspusan ingatannya, alam bawah sadar Joel menyadari bahwa dia tidak ingin ingatannya tentang Clementine dihapus dan berusaha menyelamatkan Clementine agar tetap tersimpan dalam ingatannya.

Dengan menggunakan gaya penceritaan nonlinear narative, film ini sebenarnya memang sangat membingungkan bila tidak terbiasa dengan plot penceritaan yang meloncat-loncat. Tapi bila anda suka dengan film yang mind blowing dengan premise sederhana, film ini sangat cocok untuk anda tonton. Michel Gondry, sebagai sutradara berhasil mengarahkan film ini dengan baik sehingga mampu menampillkan visualisasi cerita yang sangat apik.

Selain Jim Carrey dan Kate Winslet, cast yang bermain di film ini diantaranya adalah Mark Ruffalo, Kirsten Dunst, Elijah Wood dan juga Tom Wilkinson. Film ini terbilang cukup sukses karena hanya dengan berbekal $20 juta film ini berhasil mendapatkan pendapatan sebesar $70 juta di seluruh dunia. Selain itu film ini juga mendapatkan penghargaan Academy Award tahun 2005 untuk Best Original Screenplay. Selain untuk Academy Awards, film ini juga mendapatkan 37 penghargaan dari 97 nominasi.

Comments

comments