Lima Gitar Legendaris yang mendunia!

Bagi sebagian gitaris, gitar mereka lebih daripada sekedar alat musik. Gitar mereka adalah identitas mereka dan kadang menjadi teman hidup sepanjang karir mereka. Silabuzz merangkum beberapa gitar yang legendaris dan dikenal di seluruh dunia.

  1. Lucille – BB King

Bagi para pecinta manga Beck, gitar Lucille tentunya sudah tidak asing lagi karena menjadi bagian utama dari cerita untuk manga tersebut. Gitar Lucille ini memang ada tapi cerita aslinya berbeda dengan cerita dari manga tersebut. Bila dalam manga tersebut dijelaskan bahwa gitar Lucille adalah gitar Les Paul Gibson dengan beberapa lubang tembakan, sementara gitar Lucille yang asli bertipe Gibson ES-355 tanpa lubang F berwarna hitam.

from bbking-fan.ru

BB King dengan gitar Luciller

Gitar Lucille ini adalah gitar yang dimiliki oleh BB King dan diberi nama Lucille setelah sebuah insiden kebakaran yang terjadi saat BB King sedang manggung di sebuah bar. BB King yang waktu itu berhasil menyelamatkan diri, harus kembali ke dalam bar yang terbakar karena teringat gitarnya yang masih tertinggal di dalam. Esok harinya dia baru tahu ternyata penyebab kebakaran tersebut karena perkelahian dua orang pria memperebutkan seorang wanita bernama Lucille dan setelah itu BB King menciptakan sebuah lagu yang diberi judul Lucille yang menceritakan bagaimana gitar tersebut akhirnya memiliki nama

  1. Blackie – Eric Clapton

Blackie adalah sebuah gitar Fender Stratocaster yang dibuat oleh Eric Clapton dengan menggabungkan tiga gitar Fender Stratocaster yang dia beli dari sebuah toko alat musik bekas. Eric Clapton membeli enam buah gitar pada toko tersebut, setelah memberikan tiga gitar pada Pete Townshed, George Harrison dan Steve Winwood, dia mempreteli tiga sisa Fender yang dia beli dan memilih bagian yang terbaik untuk kemudian dia gabungkan menjadi satu gitar Fender Stratocaster yang diberi nama Blackie.

from bloomberg.com

Eric Clapton dengan Blackie

Blackie menjadi gitar utama Eric Clapton hingga tahun 1985 karena Blackie memiliki masalah pada bagian neck-nya sehingga harus “dipensiunkan” dan akhirnya Fender menciptakan sebuah gitar Custom untuk Eric Clapton dengan spesifikasi yang sama dengan Blackie. Blackie akhirnya dilelang pada tahun 2005 untuk bantuan korban tsunami di Asia dengan harga US$959,500 yang membuat gitar ini sebagai salah satu gitar legendaris termahal,

  1. Frankenstrat – Eddie Van Hallen

Frankenstrat adalah sebuah gitar legendaris yang diciptakan oleh Eddie Van Halen dengan menggabungkan bermacam bagian dari Fender dan Gibson. Untuk body gitar, Van Halen menggunakan body dan neck dari Fender Stratocaster digabungkan dengan pick up humbucker dari Gibson.

from weissguitargallery.com

Eddie Van Halen dengan Frankenstrat

Dengan gitar ini, Eddie Van Halen ingin menggabungkan antara sound dari gitar Gibson dengan bentuk artistic dari gitar Fender. Gitar ini menjadi saah satu gitar yang terkenal di dunia dan menadi trademark dari Van Hallen. Gitar ini sudah dibuat replikanya oleh berbagai pabrikan gitar seperti Kramer, Ibanez, Charvel dan brand gitar Eddie Van Halen, EVH.

  1. Lucy – George Harrison

Lucy adalah gitar Les Paul Gibson yang dimiliki oleh gitaris The Beatles, George Harrison. Gitar ini adalah gitar pemberian Eric Clapton kepada Harrison tahun 1968. Sebelum dibeli oleh Clapton,gitar ini dimiliki oleh Rick Diringer yang mendapatkan gitar ini dari John Sebastian dari Lovin’ Spoonful. Gitar ini aslinya berwarna emas, tetapi kemudian diganti oleh Diringer dengan finishing warna merah menyala, tetapi karena kurang puas dengan hasil akhirnya dia menjual gitar ini ke toko alat music Dan Armstrong di New York.

http://www.kaskus.co.id/thread/5162494f0b75b45d5d00000a/gitar-legendaris-milik-musisi-terkenal-di-dunia

George Harrison dengan Lucy

Gitar ini digunakan oleh George Harrison dalam beberapa lagu The Beatles seperti While my guitar gently weeps dan juga bisa dilihat dalam video klip berjudul Revolution. Gitar ini ssempat hilang karena dicuri dari rumah Harrison tetapi bisa didapatkan kembali oleh Harrsion dengan menukarnya dengan sebuah gitar Fender dan Fender Precision Bass kepada pemilik baru Lucy. Gitar legenaris ini tetap menjadi milik George Harrison dan menjadi benda kesayangannya hingga akhir hayatnya.

  1. Number One – Stevie Ray Vaughan

Sebagai salah satu bluesman yang tenar di tahun 80-an, SRV menggunakan berbagai jenis macam gitar tetapi gitar Fender Stratocaster ini tetap menjadi pilihan utamanya dalam bermusik. Salah satu keunikan dari gitar legendaris ini adalah tahun produksi untuk setiap part dari gitar in dibuat dalam tahun yang berbeda. Body gitar ini dibuat tahun 1963 sedangkan untuk neck gitar dibuat tahun 1962, tetapi dibagian belakang pick up tercatat dibuat tahun 1959.

SRV dengan Number One

Sempat beberapa kali akan dipensiunkan karena neck gitar yang sudah beberapa kali rusak, tetapi SRV tetap menggunakan gitar ini karena gitar ini memiliki sound yang unik dan khas dan tak bisa digantikan oleh gitar lainnya. Gitar ini dia dapatkan dari Ray Henning’s Heart of Texas music shop dan menjadi gitar andalan dalam semua album SRV. Sepeninggal SRV, gitar ini dimiliki oleh Jimmie Vaughan, saudara kandung SRV, dan Fender juga telah membuat signature model untuk gitar Number One ini.

Comments

comments