Judul Clickbait Media Online di Indonesia. Jangan di Baca!

Traffic pembaca yang tinggi menjadi sebuah indikator baiknya sebuah situs. Semakin tinggi angka traffic pembaca, semakin tinggi nilai website tersebu.

Clickbait merupakan salah satu cara yang sering dilakukan oleh para pemilik website atau content writer untuk menarik perhatian pembaca. Terkadang yang menjadi masalah adalah judul dengan isi berita yang sama sekali tidak ada kualitasnya atau tidak ada faedahnya sama sekali.

Berikut ini adalah beberapa judul clickbait yang sering kita lihat di berbagai media online di Indonesia.

Judulnya Pakai Kata Gagal Paham

clickbait

Berita ini biasanya berisi berita yang berada di luar kebiasaan publik. Biasanya sih isinya tidak terlalu penting untuk diperhatikan dan kebanyakan beritanya bersifat pengulangan atau daur ulang.

Sebenarnya makna gagal paham ini juga tidak jelas apakah penulisyang gagal paham atas apa yang ditulisnya atau pembacanya yang gagal paham memahami tulisan dari sang penulis?

Menggunakan Kata Bikin Ngakak

bikin ngakak

Artikel yang menggunakan kata bikin ngakak, maksud awalnya utuk menunjukkan artikel tersebut merupakan artikel yang bersifat lucu. Saking lucunya harus dibubuhi kata Ngakak, yang mana pada akhirnya kita mengetahui bahwa artikel tersebut memang tidak terlalu lucu.

Awalnya hanya bla bla bla Kemudian…

awalanya

Artikel semacam ini biasanya berusaha menunjukkan sebuah kronologis dari berita yang ada di artikel tersebut. Penggunaan judul tersebut biasanya cukup memancing rasa tahu dari pembaca dan akhirnya akan membuka laman tersebut. Tapi sayangnya, berita macam ini biasanya sangat sampah karena isi berita dan judul diawal sangat tidak berhubungan sama sekali. Totally clickbait!

Itulah beberapa judul clickbait yang sering kita lihat di media online di Indonesia yang sering kita lihat. Sebenarnya sagat disayangkan bila media online lebih mementingkan traffic daripada konten yang sebenarnya kurang bagus dan mermanfaat bagi para pembacanya.

Karena pada dasarnya sebuah website akan memiliki banyak pembaca bila memang wesite tersebut bisa relevan dengan apa yang pembaca cari. Tidak perlu melebih-lebihkan suatu haldan membuat berita yang sifatnya tidak nyata alias bohong.

Well, keep informed buzzfriend!

Comments

comments