Review Film Jason Bourne : Dendam sepuluh tahun

Film Jason Bourne akhirnya dirilis di akhir Juli kemarin, setelah penantian para fans dari serial Bourne ini harus menunggu hampir 10 tahun untuk melihat Matt Damon kembali memainkan sosok penuh misteri ini. Film ini menjadi film kelima dari serial film Bourne, setelah seri film Bourne terakhir yaitu Bourne Legacy dirilis pada tahun 2012 dimana Matt Damon dan Paul Grengrass sama sekali tidak ikut terlibat dalam film tersebut. Film Jason Bourne ini juga menjadi film pertama dari Matt Damon dengan ide cerita dimana dia tidak ‘tertinggal’ di planet atau galaksi lain seperti di film Interstellar dan Martian.

Mengambil latar cerita di wilayah Eropa dan Amerika, David Webb alias Jason Bourne yang sudah menghilang selama 10 tahun akhirnya kembali muncul setelah mendapatkan informasi dari Nicky Parsons tentang keterlibatan ayah Jason Bourne dalam proyek black ops CIA. Munculnya Bourne kembali menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi Direktur CIA, Robert Dewey, yang ingin agar Bourne dapat dibunuh, tetapi keinginannya tersebut tidak dapat langsung terlaksana karena kepala Cyber Ops, Heather Lee, yakin bisa membawa kembali Jason Bourne untuk dapat kembali bekerja di bawah CIA. Nah, bagaimana jadinya ya Jason Bourne sekarang? Apa dia bakal balik lagi ke CIA atau kembali menghilang? Because spoiler reason, you better watched it on you nearest movie theater.

Well, dari segi cerita sebenarnya tidak ada yang baru dari film Jason Bourne ini, yang merupakan sekuel langsung dari film Bourne Ultimatum yang dirilis tahun 2007. Bourne masih tidak bisa mengingat siapa dirinya seutuhnya dan mengapa dia ikut dalam proyek black ops dari CIA, padahal sudah sekitar 10 tahun dari cerita sebelumnya. Formula cerita yang sama dengan alur yang sama dengan tiga film seri Bourne awal membuat penonton bisa sekali menebak apa yang akan terjadi selanjutnya bahkan hingga ke akhir film ini. Rating film ini sendiri di rottentomatoes.com mendapatkan rating sebesar 58% sementara di imdb.com mendapatkan rating sebesar 7.4/10. Kurangnya pengembangan cerita di film ini sepertinya menjadi sebuah titik lemah dimana penonton berharap akan ada sesuatu yang baru dari Jason Bourne tapi kenyataannya, he still doesn’t know anything.

Tapi sebagai film ‘nostalgia’, rasanya tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu buat menikmati film ini di akhir pekan karena dari segi gambar dan thrill sama sekali tidak ada masalah dengan film ini. Pertanyaan selanjutnya bila sudah menonton film ini adalah apakah kita akan melihat   lanjutan film ini atau film ini hanya sekedar memento belaka? Well, who knows, tapi ya pokoknya sebelum nonton filmnya di bioskop, kalian bisa kok nonton dulu trailer dari film ini. Oh ya, kalau sudah nonton film ini jangan lupa buat share di bagian komentar. Keep awesome, buzzfriend!

Comments

comments