Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) Yang Baik dan Menarik

Well, pertama-tama, sebenarnya tidak ada cara membuat CV (Curriculum Vitae) yang paling benar. Karena pada dasarnya semua CV yang kita buat itu benar, hanya saja semua kembali kepada recruiter yang akan membaca CV tersebut.
Lalu apa sebenarnya yang berusaha dilihat oleh para recruiter itu? Para recruiter tersebut pada dasarnya ingin melihat profil kita berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh perusahaan yang menyewa atau memperkerjakan mereka.
Bila profil kita sesuai yang biasanya mereka akan lakukan panggilan kepada calon yang mereka rasa sesuai untuk dilakukan proses selanjutnya seperti tes kesehatan, intervies, tes kemampuan dan sebagainya. Nah, apa saja sih yang sebaiknya kita tampilkan sebagai profil diri kita dalam sebuah CV?

Data Diri Yang Jelas

cara membuat CV

via pexels.com

Data diri yang jelas adalah sebuah hal sangat mandatory dalam membuat CV. Karena bagaimana mungkin sebuah perusahaan akan memperkerjakan orang yang data dirinya tidak jelas sama sekali.
Cantumkan nama lengkap, alamat rumah, nomor kontak yang bisa dihubungi juga email. Bila ingin menyertakan foto, pastikan foto tersebut terlihat cukup professional, bukan hasil selfie apalagi foto rombongan atau foto wajah orang lain.
Beberapa orang juga mencantumkan agama dalam CV mereka, tetapi ini sebenarnya bukan sebuah keharusan kecuali memang pekerjaan yang kalian lamar memang cukup sensitif mengenai agama dan khusus untuk agama tertentu. Misalnya melamar kerja di sebuah perusahaan berbasis syariah dan juga bank syariah.

Riwayat Pendidikan

cara membuat CV

via pexels.com

Untuk bagian riwayat pendidikan, kalian tidak perlu memasukan semua riwayat pendidikan formal dari SD hingga lulus kuliah ketika membuat CV. Saran yang baik menyebutkan sebaiknya mencantukan satu atau dua pendidikan terakhir formal yang kalian ikuti.
Berikan penjelasan mengenai tempat kampus tempat kalian bersekolah serta jurusan yang kalian ambil secara spesifik. Beberapa orang mencantumkan nilai IPK mereka dalam CV karena biasanya perusahaan memberikan persyaratan nilai IPK minimum untuk pekerjaan tertentu.
Perjelaslah dengan mencantumkan tahun masuk kuliah dan juga tahun lulus. Siapa tahu recruiter kalian ternyata satu angkatan.

Pengalaman Bekerja

cara membuat CV

via pexels.com

Bagian pengalaman kerja ini harus mampu menggambarkan apa saja yang kalian lakukan ketika bekerja dalam jabatan tersebut. Berikan informasi mengenai perusahaan tempat kalian bekerja, berapa lama bekerja di tempat tersebut serta apa saja yang kalian kerjakan dan pencapaiannya. Pastikan kalian buka menulis job description dari pekerjaan kalian ya.
Seberapa banyak perusahaan yang harus ditulis? Masukanlah yang menurut kalian ketika bekerja di tempat tersebut kalian merasa nyaman dan memberikan hasil yang baik bagi perusahaan.
Kalau belum pernah bekerja? Kalian pernah magang kan? Tulis saja pengalaman magang kalian. Kalau belum magang, ya daftarlah untuk magang.

Skill/Kemampuan

cara membuat CV

via pexels.com

Berikan para recruiter itu pengetahuan tentang apa saja kemampuan yang bisa kalian lakukan. Usahakan skill yang kalian masukan di CV sesuai dengan pekerjaan yang kalian lamar. Bila kalian melamar sebagai seorang social media analist komputer tapi kalian mencantumkan skill kalian lebih banyak berkaitan dengan otomotif, it can do, tapi agak kurang nyambung sebenarnya..

Jadi, usahakanlah memasukan jenis skill yang sesuai dengan pekerjaan yang akan kalian lamar agar recruiter tahu kemampuan apa saja yang bisa kalian tawarkan untuk perusahaan mereka.

Organisasi

cara membuat CV

via pexels.com

Keterlibatan kalian dalam berorganisasi sangat berpengaruh terhadap CV kalian. Hal ini disebabkan masih banyaknya perusahaan yang menyakini bahwa orang yang suka berorganisasi merupakan orang yang lebih mudah diajak untuk bekerja sama.

Cantumkan organisasi apa saja yang kalian pernah ikuti selama beberapa tahun terakhir beserta jabatan dan juga apa saja yang menjadi tanggung jawab kalian.

Itulah beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat membuat CV untuk melamar pekerjaan. Bila kalian kesulitan untuk membuat CV dan bingung dengan desain CV yang sesuai, kalian bisa mengikuti beberapa contoh CV yang bisa kalian unduh secara gratis.  Stay awesome, buzzfriend!

Comments

comments