Apa Sih Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur?

Kita sering mendengar bagaimana orang-orang sukses memulai  harinya. Bagaimana mereka sudah memulai usahanya begitu awal bahkan sebelum kita meminum kopi pertama kita di hari itu. Lalu bagaimana dengan bagian hari yang lain? Pernah nggak sih kamu terpikir apa yang mereka lakukan sebelum tidur?

Berikut adalah enam kebiasaan yang kerap mereka lakukan

1. Membaca

Siapa yang nggak tahu Bill Gates. Dia juga kebetulan adalah seorang pembaca garis keras. Setiap malam dia selalu membaca buku atau artikel sebelum tidur. Nggak perlu waktu lama, cukup luangkan waktu satu jam aja untuk memperbaharui diri kita tentang berbagai macam topik mulai dari politik hingga peristiwa terkini.

Nah kebiasaan membaca ini bukan hanya untuk menambah wawasan lho. Sebuah penelitian tahun 2009 dari University of Essex membuktikan bahwa membaca minimal enam menit sehari apat menurunkan kadar stress hingga 68%. Wooowwww!

Manfaat lain yang bisa kita terima dengan membaca adalah otak kita akan terjaga kesehatannya. Semakin tua, kemampuan kognitif seseorang akan menurun. Sebuah penelitian di Inggris membuktikan bahwa dengan membaca penurunan tersebut akan bisa dicegah hingga 32%.

 

 2. Simpan Ponsel di Tempat Yang Agak Jauh

 

Yang satu ini sepertinya agak susah untuk kita yang punya kegemaran dengan jejaring sosial. Namun sudah sepatutnya kita coba karena lampu dari ponsel terbukti mengganggu ritme tidur natural kita dan “menipu” tubuh kita hingga menganggap bahwa hari masih siang. Inilah yang menyebabkan pada malam hari kita menjadi susah tidur. Jadi, untuk kamu yang mau tidur nyenyak bisa coba untuk menjauhkan ponsel kamu sejenak.

 

3. Jalan-jalan Sebelum Tidur

CEO Buffer, Joel Gascoigne punya kebiasaan untuk jalan-jalan sejenak (dalam arti sebenarnya) sebelum tidur. Menurutnya, kebiasaan ini membantu dirinya melupakan beban pekerjaannya dan pelan-pelan memasuki “kondisi kelelahan”. Hal ini tentunya membuat Joel dapat tidur lebih nyenyak.

Hal lain yang menjadi keuntungan dari berjalan pada malam hari adalah ketika seseorang melakukannya, pikiran orang tersebut tidak bekerja dengan keras. Akibatnya, akan terjadi luapan ide secara bebas.  Oleh karena itu, kalau kamu sedang menemui jalan buntu dari sebuah persoalan mungkin berjalan kaki adalah sebuah solusi yang jitu untuk menemukan solusi kreatif.

 

4. Meditasi

Meditasi sebetulnya sudah umum dilakukan di masyarakat. Namun masih banyak yang meragukan apakah benar-benar mendatangkan manfaat atau tidak. Sebuah penelitian tahun 2014 mempelajari lebih dari 19.000 kasus yang melibatkan meditasi. Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa meditasi memang dapat menurunkan stress, kegelisahan, dan rasa sakit. Lantas bagaimana dengan kamu, apakah percaya dengan meditasi?

 

5. Jadilah Pribadi Yang Kreatif

Tahun 2006 Vera Wang, seorang desainer terkenal, pernah berbicara di media bahwa rutinitasnya pada malam hari adalah melakukan desain baju (paling tidak membuat konsep). Ia bilang bahwa kesunyian malam dapat menjadi obat yang manjur bagi kebuntuan.

Mungkin akan menjadi sebuah hal yang mengejutkan ketika ada sebuah studi yang mengaitkan antara malam hari dan kreativitas. Penelitian dari Albion College tersebut menyebutkan bahwa pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, lebih baik dilakukan di waktu-waktu yang non-optimal. Maksudnya, kalau kamu suka memulai aktivitas di pagi hari, maka saat sebelum tidur adalah waktu yang pas untuk kamu melakukan pekerjaan kreatif. Mengapa begitu? Karena pada saat tersebut pikiran kamu akan lebih bebas. Kemampuan berpikir kamu memang akan menurun secara logika, namun hal ini akan membantu kamu memikirkan sesuatu yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Kamu akan lebih kreatif seketika!

 

6. Rencanakan Kegiatan Esok Hari

Sebelum tidur, sebaiknya kita melakukan perencanaan akan apa yang mau kita lakukan esok pagi. Buatlah poin-poin kegiatan yang harus kita selesaikan. Dengan begitu, saat bangun di pagi hari kita akan menjadi lebih fokus dan tahu apa yang mau kita selesaikan pada hari itu dengan segera.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu ‘kan tentang apa yang menjadi kebiasaan orang sukses sebelum tidur? Kamu bisa mencoba langkah-langkah di atas dan lihat perubahan yang terjadi dalam aktivitas kamu. Atau mungkin kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas? Wah, selamat! Bisa jadi kamu juga calon orang sukses! 😀

 

 

Artikel di atas kami sadur dari artikel LifeHack. Kamu dapat melihat versi aslinya di sini

 

Comments

comments