11 May, 2020 #Film

7 Film Kerajaan Dari Berbagai Negara Yang Wajib Ditonton

film kerajaan

Film kerajaan atau bertema kolosal mungkin bukan sebuah hal yang baru di industri hiburan. Ada puluhan film yang sudah dirilis dan bisa kita nikmati yang berasal dari berbagai negara. 

Selain sebagai sarana hiburan, film kerajaan biasanya digunakan untuk media belajar sejarah yang pernah terjadi di tempat tersebut.

Nah, bila kalian sedang ingin belajar sejarah tetapi tetap ingin terhibur juga berikut ini adalah beberapa film kerajaan yang bisa kalian nikmati sekarang juga, gengs!

Film Kerajaan di India, Ashoka

Film yang satu ini bercerita mengenai perjalanan hidup raja Ashoka yang menguasai wilayah India pada masa 3 masehi. Dengan menggandeng Shah Rukh Khan yang berperan sebagai Ashoka dan Kareena Kapoor menjadi putri Kaurwaki.

 Film yang diproduksi pada tahun 2001 berhasil menjadi  salah satu box office di India pada tahun tersebut. Walaupun ini film Ashoka ini bertema kerajaan dan sarat sejarah, tapi kita masih dapat melihat nyanyian dan tarian ala film India. Kritikan lainnya yang muncul untuk film Ashoka adalah beberapa peristiwa yang dianggap berbeda dengan fakta yang ada.  

Anna and The King

Jika kalian ingin mencari film kerajaan yang lebih santai, Anna and the King bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Film yang diproduksi tahun 1999 ini bercerita tentang Anna Leonowens yang mengunjungi kerajaan Siam di Thailand untuk mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak dari raja Mongkut. 

Dalam proses selanjutnya, Anna ternyata harus menolong raja Mongkut yang sedang mengalami kudeta dari tentara Burma yang menyerang kerajaannya yang dibantu oleh Inggris. Film ini dibintangi oleh Jodie Foster sebagai Anna, sedangkan Raja Mongkut diperankan oleh Chow Yun Fat. 

Sayangnya, film ini tidak terlalu mendapatkan respon yang cukup baik dari pasar. Dengan budget sebesar $92 juta, film ini hanya mampu meraup pendapatan sebesar $114 juta. Selain itu film ini rupanya dilarang untuk ditayangkan di Thailand karena penggambaran sejarah yang dianggap kurang sesuai oleh pihak pemerintah Thailand. 

Braveheart

Braveheart merupakan film kerajaan yang berlatar belakang di Skotlandia pada abad ke-13. Film ini menceritakan tentang seorang pejuang asal Skotlandia bernama William Wallace.

William, yang diperankan oleh Mel Gibson, berjuang untuk membebaskan Skotlandia dari penyerangan kerajaan Inggris dibawah kekuasaan Raja Edwards. Selain menjadi aktor utama, Mel Gibson juga menjadi produser dari film Braveheart ini. 

Film ini dinilai sukses secara finansial dan menjadi dengan meraup penghasilan sebesar $210 juta. Selain itu film ini juga menerima penghargaan dalam ajang Academy Awards untuk kategori Best Director. Buat kalian yang senang dengan film bertema kerajaan di Eropa, tentunya film ini tentunya sangat wajib kalian tonton.  

Troy

Film Troy merupakan film adaptasi yang diambil dari naskah puisi Iliad karya Homer, seorang penulis di era Yunani kuno. Naskah tersebut bercerita tentang peristiwa perang Trojan yang terjadi di kerajaan Yunani kuno antara kerajaan Myrmidon dengan kerajaan Troya.

Cerita kemudian berfokus kepada Achilles, panglima perang Myrmidon untuk untuk menaklukan kerajaan Troya di bawah perintah raja Agamemnon. Drama percintaan, politik dan juga peperangan kolosal tersaji secara apik dan detail dalam film ini. 

Hal ini tentunya sangat wajar mengingat budget film ini mencapai $185 juta dan meraup penghasilan sebesar $485 juta. Dengan pendapatan tersebut, film ini menjadi film paling laris peringkat kedelapan di tahun 2004. Selain itu, Jika kamu adalah penggemar Brad Pitt, maka kamu wajib untuk menonton film yang satu ini, gengs!

Gladiator

Gladiator mengambil cerita dengan latar belakang kerajaan Romawi kuno di era Aurelius Commodus. Di masa ini para budak dijadikan petarung Gladiator untuk melawan hewan buas atau petarung lainnya. 

Maximus Decimus Meridius, seorang panglima perang yang dikhianati oleh Commodus, harus hidup menjadi budak dan akhirnya seorang gladiator. Kemampuannya untuk bertarung menjadikannya sebagai seorang gladiator terbaik dan akhirnya bisa membalas dendam kepada Commodus. 

Pertarungan yang epic dengan intrik politik dan percintaan menjadikan film kerajaan ini mendapatkan penghargaan Academy Awards tahun 2001 untuk kategori Best Director. Selain itu penampilan Russel Crowe dan Joaquin Phoenix mendapatkan respon yang positif sebagai Maximus dan Commodus.  

The Last Samurai 

Film Last Samurai berlatar belakang di kerajaan Jepang era Restorasi Meiji pada awal abad 19. Berkisah mengenai Kapten Nathan Algren, seorang perwira dari tentara Amerika, yang ditugaskan untuk melawan pemberontakan para samurai yang menolak modernisasi di Jepang. 

Tetapi, pada akhirnya dia berubah haluan karena rasa simpati kepada para samurai tersebut. Akhirnya dia  berpindah kubu dan bergabung dengan para samurai tersebut untuk menentang proses modernisasi yang terjadi pada masa tersebut. 

The Last Samurai banyak mendapatkan pujian dari para kritikus film dari segi penceritaan, script dan juga akting para pemainnya. Film ini juga menjadi salah satu film yang paling laris di tahun 2003 dengan pendapatan $456 juta. 

Masquerade 

Film kerajaan Korea ini menceritakan tentang Raja Gwanghee dari Dinasti Josoen yang menghadapi banyak ancaman pembunuhan. Untuk menghindari hal tersebut, dia menyewa seorang penghibur bernama Ha-sun untuk menggantikannya jika dia harus keluar istana.

Penampilan Ha-sun yang lebih humanis, rupanya menimbulkan banyak simpati dari rakyat dibandingkan raja yang asli. Sehingga berakibat munculnya kecurigaan dan ancaman lebih besar terhadap kekuasaan Raja Gwanghee.

Film ini mendapatkan respon yang sangat baik dengan mendapatkan total pemasukan sebesar $94 juta dan mendapatkan banyak penghargaan. Selain itu, Lee Byung hun juga mendapatkan penghargaan Grand Bell Awards tahun 2012 untuk kategori aktor terbaik atas penampilannya di film Masquerade. 

Itulah tujuh film kerajaan terbaik dari berbagai negara yang bisa kamu tonton untuk belajar sejarah dan mengisi waktu selama berada di rumah. Nah, kira-kira film kerajaan mana yang jadi favorit kamu nih, gengs?  

*)Btw, this is my article that been rejected by jalantikus for the 3rd times!

Comments

comments