Mengenal Budaya Wakanda Melalui Marvel Black Panther [Review Film]

Film Black Panther baru saja dirilis di bulan February 2018 dan menjadi film box office dengan pendapatan diatas setengah miliar dolar. Sekali lagi, Marvel Cinematic Universe berhasil membuat sebuah film yang berhasil mencatat berbagai rekor yang cukup mengagumkan.

Berbagai respon positif diterima oleh film yang menjadi pembuka rangkaian film dari MCU di tahun 2018. Bagaimana sebenarnya film ini bisa menjadi salah satu film yang sukses secara komersial dan penceritaan ini?

Plot Film Black Panther

Dengan setting cerita setelah Captain America : Civil Wars, T’Challa kembali ke negaranya untuk menjalani ritual pengangkatan dirinya menjadi raja. Selesai dengan seluruh prosesi tersebut, T’Challa mendapatkan informasi bahwa Ullyses Klaue akan ada di Seoul, Korea Selatan untuk menjual vibranium di pasar gelap.

Berambisi untuk menangkap Klaue, T’Chall berangkat ke Seoul bersama Takia dan Okoye. Di sana dia juga bertemu dengan teman yang dia temui dalam event Civil Wars, Everett Ross. Setelah melalui aksi kejar-kejaran yang sangat seru, Klaue berhasil ditangkap dan siap dibawa ke Wakanda.

Sayangnya, dia berhasil lolos setelah Erik Killmonger berhasil membobol markas CIA di Seoul dan membawa kabur Klaue untuk akhirnya dibunuh. Killmonger yang ternyata merupakan sepupu dari T’Challa yang selama ini disembunyikan. Killmonger sendiri akhirnya menantang T’Challa sebagai raja dari Wakanda.

Nah, apakah Killmonger berhasil mewujudkan ambisinya untuk merestorasi dunia atau T’Challa tetap menjadi raja sah dari Wakanda? Nonton aja filmnya, mumpung masih ada di bioskop!

Cast Black Panther

Beberapa pemain di dalam film ini memang tidak terlalu asing, seperti Chadwick Boseman yang kembali memerankan T’Challa/Black Panther. Martin Freeman sebagai Everett Ross yang hadir dalam film Captain America : Civil Wars. Penyelundup ulung dan buronan Wakanda, Ullyses Klaue, kembali diperankan oleh Andy Serkins yang pernah muncul dalam cerita Avengers : Age of Ultron.

Michael B Jordan berperan sebagai anatgonis Erik Killmonger, yang berusaha menuntut balas kepada Wakanda. Pemeran pendukung lainnya yang hadir diantaranya Lupita Nyong’o sebagai Nakia, Daniel Kaluya sebagai W’Kabi, Letitta Wright sebagai Shuri, Winston Duke sebagai M’Baku dan Forest Whitaker sebagai Zuri.

Dengan cast yang menjanjikan ini, film Black Panther memang menyuguhkan penampilan para aktor yang apik dan membuat kita percaya bahwa Wakanda merupakan sebuah negara asli dengan budaya yang sangat kental.

Kesimpulan

Film Black Panther merupakan salah satu film MCU yang cukup menjadi kejutan dalm dunia film di tahun 2018. Kenapa? Karena film ini cukup berbeda dibandingkan dengan film-film MCU lainnya. Mulai dari latar belakang karakter, cerita dan juga setting tempat, membuat film ini memberikan pengalaman baru bagi penonton film MCU.

Tidak heran film ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari para kritikus film. Selain itu, akting dari Michael B. Jordan sebagai Killmonger juga mendapatkan pujian karena kemampuannya untuk menghadirkan karakter antagonis yang bahkan dihormati oleh tokoh protagonis di film ini.

Secara keseluruhan, film ini bisa ditonton oleh siapa saja, baik itu fans MCU ataupun bukan. Jalan cerita yang  tidak terlalu kompleks dengan banyak adegan aksi membuat film ini cukup menghibur. Jadi, kalau kalian belum nonton film ini cepat-cepat ke bioskop sebelum terlambat ya, buzzfriend!

 

Comments

comments